Mau Aman di Transportasi Umum? Ikuti Panduan New Normal nya!

Transportasi umum pada masa new normal termasuk rentan sebagai tempat penyebaran COVID-19.  Kalau sudah tidak ada pilihan lain selain menggunakan transportasi umum, pastikan protokol new normal untuk transportasi umum benar-benar diikuti.

New normal sudah diberlakukan pemerintah. Masyarakat diperbolehkan melakukan rutinitasnya lagi. Untuk menjalankan aktivitas masyarakat diperkenankan menggunakan fasilitas umum. Termasuk menggunakan layanan transportasi umum.

Kebijakan ini akan menggerakkan banyak orang untuk keluar rumah. Tentu ada kekhawatiran terjadi kepadatan pada moda-moda transportasi umum dan memperbesar peluang terjadinya gelombang kedua penyebaran COVID-19 selama new normal.. Untuk itu pemerintah telah mempersiapkan langkah-langkah antisipatif.

Sejumlah syarat ketat telah ditetapkan pemerintah untuk masyarakat bisa naik transportasi umum. Jika syarat-syarat berikut tidak terpenuhi dilarang menggunakan transportasi umum.

  1. Calon penumpang harus sehat dengan membuktikan suhu tubuh tidak di atas 38 derajat celcius. Barangsiapa bersuhu tubuh di atas 38 derajat celcius pada saat mau naik kendaraan akan dianggap tidak sehat dan tidak boleh melanjutkan perjalanan.
  2. Penumpang wajib menggunakan masker baik itu saat sebelum naik transportasi umum, saat perjalanan, dan setelah turun dari transportasi umum.
  3. Selama berada di dalam transportasi umum penumpang dihimbau untuk tidak berbicara dan menjaga jarak dengan penumpang lain.
  4. Penumpang disarankan untuk sering cuci tangan, terutama saat turun dari transportasi umum.
  5. Calon penumpang diwajibkan menggunakan metode pembayaran tarif secara non tunai atau cashless. Pilihannya dengan kartu uang elektronik atau menggunakan metode pembayaran dari aplikasi ponsel pada gate yang menyediakan fasilitas untuk itu.

Untuk nasabah Bank Syariah Mandiri bisa menggunakan kartu e-Money BSM. Jika saldo tidak mencukupi bisa top-up secara online sehingga tidak perlu ke ATM atau merchant top up. Top up saldo sekaligus update saldo di kartu bisa dilakukan melalui aplikasi Mandiri Online pada ponsel yang memiliki fitur NFC. Kalau tidak punya kartu e-Money BSM, bisa pakai aplikasi pembayaran LinkAja dari ponsel. Top up saldo aplikasi ini bisa melalui aplikasi Mandiri Syariah Mobile.

Dengan kartu e-Money maupun aplikasi Mandiri Syariah Mobile kita akan selalu terlindung dari COVID-19. Jaid tunggu apa laig, ayo segera jadi nasabah Bank Syariah Mandiri. Untuk buka rekening bisa melalui aplikasi Mandiri Syariah Mobile di Android atau iOS. Ikuti langkah-langkah untuk buka rekening online di sana. Mudah dan cepat!