Perlengkapan-Perlengkapan Wajib Di Masa New Normal 

Di masa new normal kita bebas melakukan kegiatan asalkan selalu siap tempur menghadapi serangan COVID-19. Siapkan selalu perlengkapan untuk menghadapi COVID-19 setiap kali mau berpergian ke tempat-tempat umum.   

Setiap orang yang ingin beraktivitas di masa new normal ini pasti membawa tas ransel di punggung atau tas-tas jenis lainnya. Kebanyakan masyarakat menyadari COVID-19 masih beredar dimana-mana dan mereka sudah menyiapkan berbagai perlengkapan untuk membersihkan serta menghindar dari terpapar virus di dalam tas tersebut.

Perlengkapan apa saja yang sebaiknya selalu dibawa untuk berkegiatan di tempat-tempat umum pada masa new normal ini? Catat baik-baik daftarnya berikut ini!

  1. Tissue

Lengkapi diri dengan tissue kering dan tissue basah untuk berbagai keperluan.

  1. Masker

Sejak melangkahkan kaki keluar dari pintu rumah masker sudah wajib terpakai. Tapi jangan lupa selalu bawa masker cadangan karena satu masker sebaiknya tidak dipakai seharian. Jangan lupa bawa plastik untuk tempat masker bekas sebelum dibuang.

  1. Peralatan Ibadah

Terutama untuk umat muslim, musholla-musholla umum sekarang tidak lagi menyediakan alas sholat atau sajadah, sarung, dan mukena. Bawa sendiri peralatan-peralatan sholat ini dari rumah dan jangan dipinjamkan.

  1. Peralatan Kebersihan Diri

Protokol kesehatan COVID-19 yang paling utama adalah selalu mencuci tangan dengan air dan sabun. Jadi selalu bawa sabun cair, hand sanitzer, atau semprotan disinfektan untuk bersih-bersih tangan sehabis memegang atau menyentuh sesuatu.

  1. Alat Makan Sendiri

Pengunjung restoran dan warung makan di masa new normal ini sudah boleh makan di tempat. Tapi ada baiknya menggunakan peralatan makan sendok dan garpu sendiri. Bahkan piring juga sekalian kalau perlu. Atau bawa tempat makan sendiri untuk take away dan makan di kantor atau di tempat yang terjamin bersih.

  1. Tumbler

Sediakan tumbler untuk diisi air minum dan selalu minum dari situ. Jangan sembarangan pakai gelas restoran atau warung, bahkan yang disediakan di tempat kerja.

  1. Alat Pembayaran Elektronik

Virus COVID-19 bisa menyebar lewat uang tunai. Hindari pemakaian uang tunai untuk transaksi belanja. Banyak merchant sudah menyediakan mesin EDC untuk transaksi elektronik memakai kartu debit atau uang elektronik. Banyak juga merchant yang menerima pembayaranb dengan scan kode QR menggunakan aplikasi ponsel. Selalu bawa alat-alat pembayaran elektronik ini.

Nasabah Bank Syariah Mandiri sangat beruntung karena memiliki banyak pilihan untuk transaksi non tunai. Bisa dengan kartu Mandiri Syariah Debit yang bisa dipakai di semua mesin ATM maupun mesin EDC bank lain, bisa dengan uang elektronik e-Money BSM yang sangat luas cakupan penggunaannya karena bisa dipakai di merchant-merchant Bank Mandiri juga, serta ada aplikasi Mandiri Syariah Mobile untuk transaksi dengan QRIS, atau mengisi saldo dompet elektronik GoPay, Ovo, dan LinkAja.

Kalau belum punya tabungan BSM, langsung saja buka rekeningnya secara online melalui aplikasi MSM. Pasang dan jalankan aplikasinya di ponsel, lalu ikuti proses buka rekening online di situ. Nggak lama kok, cuma 10 menit. Coba deh sendiri!